Tes Yodium Pada Kelenjar Thyroid

Monday, December 11th, 2017 - Pengobatan

Dokter menyebut tes yodium pada kelenjar thyroid sebagai tes penyerapan yodium radioaktif digunkaan untuk mengevaluasi kelenjar thyroid. Kelenjar yang penting ini, terletak di leher, menghasilkan dua hormone utama pada system metabolisme tubuh.

Pada saat awal tes yodium pada kelenjar thyroid, Anda meminum kapsul atau cairan yang mengandung sejumlah kecil yodium radioaktif. Setelah ANda menelan yodium tersebut, sejumlah tertentu yodium radioaktif terakumulasi dalam kelenjar thyroid, mengidentifikasikan kemampuan thyroid untuk menyerap dan menahan yodium.

tes yodium pada kelenjar thyroid,fungsi tes yodium pada kelenjar thyroid,tujuan tes yodium pada kelenjar thyroid,aplikasi tes yodium pada kelenjar thyroid,cara tes yodium pada kelenjar thyroid,hasil tes yodium pada kelenjar thyroid,yang dimaksud tes yodium pada kelenjar thyroid,pengertian tes yodium pada kelenjar thyroid,arti tes yodium pada kelenjar thyroid,biaya tes yodium pada kelenjar thyroid,tempat tes yodium pada kelenjar thyroid,tes yodium pada kelenjar thyroid pada wanita,tes yodium pada kelenjar thyroid pada anak,tes yodium pada kelenjar thyroid pada priaTes yodium pada kelenjar thyroid digunakan untuk mendiagnosa dengan akurat adanya hipertiroidisme, suatu kondisi dimana thyroid terlalu aktif sehingga membebaskan hormonnya dalam jumlah yang terlalu banyak. Walau demikian, tes yodium pada kelenjar thyroid agak kurang akurat bagi diagnosa hipotiroidisme, suatu kondisi diamana thyroid kurang katif dan membebaskan hormone dalam jumlah yang terlalu sedikit.

Mengapa tes yodium pada kelenjar thyroid dilakukan?

Tes penyerapan yodium radioaktif dapat dilakukan dengan alasan sebagai berikut :

  • Untuk memeriksa fungsi kelenjar thyroid
  • Untuk membantu diagnosa hipertiroidisme atau hipotiroidisme
  • Untuk membantu membedakan antara enyakit Grave dan tumor yang menghasilkan hormone thyroid.

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes yodium pada kelenjar thyroid?

  • Anda harus berpuasa setelah tengah malam pada alam sebelum tes yodium pada kelenjar thyroid. Pada awal tes yodium pada kelenjar thyroid, Anda akan mendapat yodium radioaktif dalam bentuk kapsul atay cairan. Enam jam kemudian, thyroid Anda discan. Delapan belas jam setelah scanning pertama, thyroid discan kembali.
  • Tes yodium pada kelenjar thyroid tidak menimbulkan rasa sakit dan Anda akan mendapatkan radioaktif dalam jumlah yang kecil yan tidak berbahaya. Haslnya dapat diperoleh dalam waktu 24 jam.
  • Perawat akan bertanya apakag Anda pernah disuntik yodium. Contohnya, Anda pera disuntik yodium bila Anda pernah menjalani tes sinar-X dimana dokter menyuntikkan cairan khusus, atau juga bila Anda menjalani scanning yang menggunakan yodium, atau menjalani pengobatan yang berhubungan dengan thyroid.

Apa yang terjadi selama tes yodium pada kelenjar thyroid?

  • Setelah Anda meminum yodium radioaktif, kelnjar thyroid discan setelah 6 jam dan kemudian setelah 24 jam.
  • Selama scanning, bagian depan leher Anda ditempatkan di depan lat yang endeteksi dan mengukur jumlah radioaktif dalam kelenjar thyroid.

Apa yangterjadi setelah tes yodium pada kelenjar thyroid?

Anda dapat maka dalam jumlah kecil makanan setelah minum yodium. Ketika prosedurnya selesai dilaksanakan Anda dapat kembal pada pola makan sehari-hari.

Apakah tes yodium pada kelenjar thyroid berisiko?

Tes yodium pada kelenjar thyroid sebaiknya tidak dilakan sebelum masa kehamilan dan menyusui katrena radiasi dapat menyebabkan kerusakan pad aperkembangan bayi atau janin.

Apa yang dimaksud dengan hasil normal?

Setelah 6 jam, 3-16% dari jmlah yodium radioaktif terakumulasi dalam thyroid. Setelah 24 jam, akumulasi menjadi 8-29 %. Sisa yodium diekskresikan dalam urine.

Apa yang dimaksud dengan hasil abnormal?

Di bawah jumlah normal yodium mengidentifikasikan hipotiroidisme, thyroidisitis subakut atau kelebihan yodium. Di atas kadar normal mengidentifikasikan hipertiroidisme, thyroidisitis Hashimoto awal, hypoalbumnemia, pencernaan lithium, gondok kekurangan yodium. Kondisi ini dapat diketahui dengan melakukan tes yodium pada kelenjar thyroid.