Scanning Pada Thyroid

Monday, December 11th, 2017 - Pengobatan

Scanning pada thyroid digunakan untuk menguji kelenjar thyroid setelah seseorang mencerna sejumlah kecil radionuklir yang mengandung yodium atau teknetium. Dalam waktu singkat, radionuklir mengemisikan radiasi. Jumlah radioaktif dalam kelenjar thyroid dideteksi dengan kamera khusus (yang disebut kamera gamma).

Dokter dapat memrintahkan scanning setelh ditemukan benjolan di daerah thyroid, pembesaran kelenjar thyroid atau suatu gondok asimetrikal. Hal tersebut dilakuakn pada waktu yang bersamaan antara tes penyerapan thyroid radioaktif dan tes darah hormone thyroid.

Mengapa tes Scanning pada thyroid dilakukan?

Scanning pada thyroid dapat dilakuakn dengan alasan sebagai berikut :

  • Untuk memeriksa ukuran, struktur dan posisi kelenjar thyroid.
  • Untuk mengevaluasi fungsi thyroid bersama-sama tes lainnya.

scanning pada thyroid,manfaat scanning pada thyroid,alasan scanning pada thyroid,tujuan scanning pada thyroid,fungsi scanning pada thyroid,diagnosa dengan scanning pada thyroid,yang dimaksud scanning pada thyroid

Apa yang seharusnya Anda ketahui sebelum tes Scanning pada thyroid?

  1. Anda akan mempelajari tes Scanning pada thyroid, termasuk siapa yang akan menjalankan, dan dimana. Tes Scanning pada thyroid berlangsung sekitar 30 menit, tetapi Anda diminta untuk menelan radionuklir 20-30 menit sebelumnya (jika digunakan teknetium) atau 24 jam sebelumnya (jika digunakan yodium). Anda diminta berpuasa setelah tengah malam sebelum tes jika digunakan yodium, jika digunkan teknetium hal tersebut tidak perlu dilakukan.
  2. Perawat akan menanyakan pola makan dan pengobatan yang Anda gunakan. Pengobatan terhadap hormone thyroid dan sediaan yodium (larutan lugol, beberapa multivitamin dan sirop obat batuk) akan dihentikan selama 2-3 minggu sebelum tes Scanning pada thyroid, obat-obat pengencer dahak, steroid dan antihistamin akan dihentikan 1 minggu sebeum tes Scanning pada thyroid.
  3. Jangan menggunakan garam beryodium 1 minggu sebelum tes Scanning pada thyroid, janga makan ikan laut selama permeriksaan.
  4. Sebelum tes Scanning pada thyroid dilaksanakan, tanggalkan semua perhiasan, gigi palsu atau benda-benda lain yang dapat mempengaruhi proses scanning

Apa yang terjadi selama tes Scanning pada thyroid?

  1. Anda berbaring terlentang dengan leher diregangkan.
  2. Dokter atau teknisi menempatkan kamera gamma di atas leher Anda.
  3. Kamera akan memproyeksikan citra kelenjar pada suatu monitor dan merekamnya pad afilm sinar-X. Dokter akan mengambil 3 citra dari depan, belakang, sisi kanan dan kiri.

Apa yang terjadi setelah tes Scanning pada thyroid?

Anda dapat kembali menggunakan obat-obat yang dihentikan selama tes, dan Anda dapat kembali pada pola makan sehari-hari.

Apakah tes Scanning pada thyroid berisiko?

Tes Scanning pada thyroidtida diberikan selama masa kehamilan dan menyusui karena radioaktif dapat merusak perkembangan janin dan bayi.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Normalnya, hasil scanning memperlihatkan kelenjar thyroid dengan panjang sekitar 2 ini (5 cm) dan lebar 1 inci (2,5 cm). Kelenjar biasanya mempunyai 2 bagian yang disebut lobus dan berbentuk kupu-kupu. Pada orang-orang tertentu, terdapat lobus ketiga, hal ininormal.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Tes akan menunjukkan area thyroid yang terlalu banyak menyerap yodium. Are aini disebut “hot spot”. Temuan ini membutuhkan test-tes penanganan selanjutnya. Tes ini juga memperlihatkan daerah thyroid yang menyerap sedikiit yodium atau tidak menyerap sana sekali. Area ini disebut “cold spot”. Temuan ini membutuhkan scanning ultrasonografi untuk mengamti kista. Selain itu, suatu biopsy (pengambilan dan analisa jaringan) dari daerah “cold spot” untuk menjajagi lebih lanjut adanya kanker.

Penting untuk diketahui ada banyak hal yang dapat diketahui dengan melakukan scanning pada thyroid.