Kekurangan & Kelebihan Selenium

Sunday, May 6th, 2018 - Gangguan Nutrisi & Metabolisme, Penyakit

Cara Mengetahui Apa Itu Kekurangan & Kelebihan Selenium Dalam Tubuh ?

Selenium diperlukan untuk sintesa salah satu dari enzim antioksidan. Penyakit Keshan merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan merusak otot jantung, bisa dicegah dengan pemberian selenium tambahan. Penyakit ini terjadi pada 1% dari orang-orang yang tinggal di Cina, dimana kandungan selenium dalam tanah dan dalam tanaman yang tumbuh di tanah, rendah.

kekurangan & kelebihan selenium

Akibat Tubuh Mengalami Kekurangan Selenium

Bayi prematur dan orang dewasa yang menerima makanan parenteral total tanpa tambahan selenium, memiliki resiko terjadinya kerusakan jantung dan otot yang disebabkan oleh kekurangan selenium.

Gejala Akibat Kekurangan Selenium

Gejala-gejala yang timbul akibat kekurangan selenium, merupakan suatu hal yang jarang terjadi, bisa dijelaskan dengan berkurangnya antioksidan dalam jantung, hati dan otot, yang mengakibatkan kematian jaringan dan kegagalan organ.

Penyembuhan total bagi orang yang mengalami kekurangan selenium bisa dilakukan dengan pemberian selenium.

Akibat Kelebihan Selenium Pada Tubuh Manusia

Kelebihan Selenium dapat menimbulkan efek yang sangat berbahaya, yang bisa diakibatkan karena mengkonsumsi tambahan selenium yang tidak diresepkan oleh dokter sebanyak 5-50 miligram/hari.

Gejala kelebihan selenium diantaranya adalah :

  • mual dan muntah
  • rambut dan kuku rontok
  • ruam di kulit
  • kerusakan saraf.

Selenium pada dasarnya dibutuhkan oleh setiap tubuh manusia, akan tetapi apabila tidak seimban dan dalam tubuh kita mengalami kekurangan & kelebihan Selenium maka juga akab menyebabkan penyakit.