Kekurangan & Kelebihan Fluoride

Friday, December 15th, 2017 - Info Kesehatan

Definisi Kekurangan & Kelebihan Fluoride

Di dalam tubuh, fluoride paling banyak terdapat pada tulang dan gigi. Fluoride penting untuk pembentukan serta kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan atau kelebihan fluoride bisa menimbulkan berbagai gangguan.

Fluor (suatu bentuk fluorin) adalah zat makanan penting yang memperkuat struktur tulang dan gigi. Ikan laut dan teh kaya akan fluor, tetapi sumber utama adalah air minum, yang kandungannya bervariasi di berbagai dunia. kelebihan fluoride,akibat kelebihan fluoride,efek kelebihan fluoride,kekurangan fluoride,akibat kekurangan fluoride,kelebihan dan kekurangan fluoride,kekurangan & kelebihan fluoride,mengendalikan fluoride,mengontrol fluoride gigi,penyakit akibat fluoride

Kekurangan Fluoride

Kekurangan fluor dapat menyebabkan gigi berlubang, yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi fluor yang cukup dalam makanan dan air minum.

Kelebihan Fluoride

Orang-orang yang tinggal di daerah dimana kandungan fluornya tinggi secara alami, mungkin akan mengalami kelebihan fluor dalam tubuh, suatu keadaan yang disebut fluorosis. Fluor terkumpul dalam gigi, terutama gigi tetap dan dalam tulang. Pada permukaan email gigi tampak bercak tidak beraturan yang berwarna putih-kapur, yang pada akhirnya berubah menjadi kuning atau coklat, menyebabkan email tampak berbintik-bintik.

Penyebab Kekurangan & Kelebihan Fluor

  • Kekurangan Fluoride
    Kekurangan fluoride bisa terjadi akibat konsumsi fluorida yang tidak adekuat, misalnya pada air minum. Air sumur seringkali tidak mengandung fluoride dalam jumlah yang cukup. Bayi hanya bisa mendapatkan fluoride melalui susu formula, karena air susu ibu (ASI) hanya mengandung fluoride dalam jumlah yang sangat sedikit.
  • Kelebihan Fluoride
    Orang-orang yang tinggal pada daerah-daerah dimana air minumnya memiliki kadar fluoride yang tinggi bisa mengalami kelebihan fluoride pada tubuh (fluorosis).

Gejala Kekurangan & Kelebihan Fluor

  • Kekurangan Fluoride
    Kekurangan fluoride bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan rentan terjadi osteoporosis.
  • Kelebihan Fluoride
    Pada kelebihan fluoride, fluoride terakumulasi pada gigi. Pada permukaan email gigi tampak bercak-bercak ireguler berwarna putih seperti kapur, yang kemudian menjadi berwarna kuning atau coklat.

Fluoride juga terakumulasi pada tulang. Pada kasus yang jarang, mengkonsumsi fluoride terlalu banyak untuk waktu yang lama dapat menyebabkan tulang menjadi padat tetapi rapuh, terjadi pertumbuhan tulang yang abnormal (spur) pada tulang belakang, dan dapat terjadi kelumpuhan akibat endapan kalsium pada ligamen-ligamen.

Diagnosa Kekurangan & Kelebihan Fluor

Diagnosa didasarkan dari gejala-gejala yang ada.

Pengobatan Kekurangan & Kelebihan Fluoride

Mengkonsumsi fluoride yang cukup dapat mencegah kerusakan gigi dan dapat memperkuat tulang. Menambahkan fluoride pada air minum yang memiliki kadar fluoride yang rendah atau menggunakan supplementasi fluoride dapat mengurangi risiko kerusakan gigi secara signifikan.

Penanganan kelebihan fluoride dilakukan dengan mengurangi konsumsi fluorida.