Hipermagnesemia

Friday, December 15th, 2017 - Penyakit

Hipermagnesemia (kadar magnesium yang tinggi dalam darah) adalah suatu keadaan dimana konsentrasi magnesium lebih tinggi dari 2,1 mEq/L darah.

Hipermagnesemia adalah penyakit yang disebabkan kadar magnesium yang ada pada tubuh penderita lebih besar daripada 2,5 mEq/L, adapun penyakit ini lebih banyak menyerang penderita gagal ginjal. Karena penyakit gagal ginjal biasanya terjadi bila penderitanya mengalami peningkatan magnesium, hal itu bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan obat yang mengandung magnesium.

Jika sudah mengetahui penyebab dari penyakit ini, maka penderita harus menghindari berbagai makanan yang mengandung magnesium secara berlebih, disamping juga harus mewaspadai berbagai obat-obatan yang dapat membuat kadar magnesium dalam tubuhnya bertambah.

Penyebab Hipermagnesemia

Hipermagnesemia terjadi pada penderita gagal ginjal dan mereka yang mendapatkan garam magnesium atau mereka yang mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung magnesium (misalnya beberapa antasid atau pencahar). Penyakit hipermagnesemia ini disebabkan oleh kadar magnesium yang meningkat pada tubuh penderita, dan umumnya juga terjadi pada penderita gagal ginjal karena kelebihan penggunaan obat magnesium.hipermagnesemia,hipermagnesemia adalah,hipermagnesemia sintomas,hipermagnesemia pdf,hypermagnesemia ecg,apa arti hipermagnesemia,askep hipermagnesemia,arti hipermagnesemia,gejala hipermagnesemia,apa itu hipermagnesemia

Gejala Hipermagnesemia

Gejala utama dari penyakit ini adalah akibat dari kadar magnesium yang berlebih pada tubuh penderita, hingga penderita juga dapat menunjukkan gejala seperti orang yang sedang mengalami gagal ginjal.

Hipermagnesemia bisa menyebabkan:

  • kelemahan
  • tekanan darah rendah
  • gangguan pernafasan.

Jika konsentrasinya sampai diatas 12-15 mEq/L, jantung bisa berhenti berdenyut.

Diagnosa Hipermagnesemia

Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan darah dan gejala-gejalanya. Diagnosis terhadap penyakit ini dilakukan dengan melihat kesusuaian gejala yang dialami penderita dengan penyebab penyakit ini, hingga kemudian dapat dilakukan berbagai pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah, dan lain sebagainya.

Pengobatan Hipermagnesemia

Pada hipermagnesemia berat diberikan kalsium glukonas intravena dan alat bantu sistem pernafasan dan sirkulasi.

Obat-obat diuretik intravena yang kuat dapat meningkatkan pembuangan magnesium melalui ginjal.

Bila ginjal tidak berfungsi dengan baik, mungkin perlu dilakukan dialisa kepada penderita hipermagnesemia.