Hiperfosfatemia

Thursday, December 14th, 2017 - Penyakit

Hiperfosfatemia (kadar fosfat yang tinggi dalam darah) adalah suatu keadaan dimana konsentrasi fosfat dalam darah lebih dari 4,5 mgr/dL darah. Sumber makanan yang kaya akan fosfat diantaranya adalah :

  • susu dan produk-produk olahan susu
  • buncis
  • coklat
  • kacang-kacangan
  • bayam, lombok cina, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya.

hiperfosfatemia,hiperfosfatemia adalah,hiperfosfatemia pada gagal ginjal,hiperfosfatemia pada ckd,hiperfosfatemia pada gagal ginjal kronik,akibat hiperfosfatemia,askep hiperfosfatemia,komplikasi hiperfosfatemia,gejala klinis hiperfosfatemia,mekanisme hiperfosfatemia,makalah hiperfosfatemia,obat hiperfosfatemia

Penyebab Hiperfosfatemia

Ginjal yang normal sangat efisien dalam membuang kelebihan fosfat sehingga hiperfosfatemia jarang terjadi, kecuali pada penderita kelainan fungsi ginjal yang sangat berat.

Pada penderita gagal ginjal, hiperfostatemia merupakan suatu masalah karena dialisa sangat tidak efektif dalam membuang kelebihan fosfat.

Gejala Hiperfosfatemia

Jika pada penderita hiperfosfatemia yang menjalani dialisa, konsentrasi fosfat darahnya meningkat, maka konsentrasi kalsium darah akan menurun.

Hal ini merangsang kelenjar paratiroid untuk mengeluarkan hormon paratiroid, yang akan meningkatkan konsentrasi kalsium darah dengan cara mengambil kalsium dari tulang.

Jika keadaan ini terus berlanjut, bisa terjadi kelemahan tulang yang progresif, mengakibatkan nyeri dan patah tulang karena cedera yang ringan.

Kalsium dan fosfat dapat membentuk kristal pada dinding pembuluh darah dan jantung, menyebabkan arteriosklerosis yang berat dan memicu terjadinya stroke, serangan jantung dan sirkulasi darah yang buruk.

Kristal tersebut juga dapat terbentuk di kulit dan menyebabkan rasa gatal yang hebat bagi penderita hiperfosfatemia.

Diagnosa Hiperfosfatemia

Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan darah dan gejala-gejala dari penderita hiperfosfatemia.

Pengobatan Hiperfosfatemia

Hiperfosfatemia pada penderita hiperfosfatemia dengan kerusakan ginjal diatasi dengan mengurangi asupan fosfat dan mengurangi penyerapan fosfat dari saluran pencernaan.

Makanan yang kaya akan fosfat harus dihindari dan antasid yang mengandung kalsium harus diminum bersamaan dengan makanan sehingga kalsium dapat berikatan dengan fosfat dalam usus dan tidak diserap.

Perangsangan yang terus menerus pada kelenjar paratiroid dapat menyebabkan hiperparatiroidisme dan biasanya kelenjar paratiroid harus diangkat melalui pembedahan dari penderita hiperfosfatemia.