Angiografi Kelenjar Limfa

Thursday, December 14th, 2017 - Pengobatan

Angiografi kelenjar limfa (Lymphangiography) digunakan untuk memeriksa pembuluh limfa. Angiografi kelenjar limfa dilakukan dengan pemeriksaan sinar-X serial setelah dokter menyuntikkan cairan kontras khusus pada pembuluh limfa di kedua kaki atau yang lebih jarang di kedua tangan. Nama lain dari tes Angiografi kelenjar limfa adalah lymphangiography.

Cairan kontras yang disuntikkan pada kaki memungkinkan dokter memeriksa kelenjar limfa pada tungkai, selangkangan dan daerah iliaka, serta retroperitoneum sampai ke pembuluh limfa dada. Injeksi pada tangan memungkinkan pemeriksaan terhadap kelenjar limfa di ketiak dan supraklavikular.

Pemeriksaan sinar-X segera dilakukan setelah injeksi untuk menunjukkan pengisian system pembuluh limfa dan kemudian setelah 24 jam dilakukan penyinaran lagi untuk memeriksa kelenjar limfa. Karena cairan kontras akan berada pada kelenjar selama lebih dari 2 tahun, maka juga dilakukan pemeriksaan sinar-X sesudahnya.angiografi kelenjar limfa,tes angiografi kelenjar limfa,tujuan tes angiografi kelenjar limfa,pengertian angiografi kelenjar limfa,definisi angiografi kelenjar limfa,manfaat angiografi kelenjar limfa,hasil angiografi kelenjar limfa

Mengapa tes Angiografi Kelenjar Limfa (Lymphangiography) dilakukan?

Angiografi kelenjar limfa dilakukan karena beberapa alasan berikut ini :

  1. Untuk mendeteksi dan menentukan stadium limfoma dan untuk mengidentifikasi penyebaran kanker pada kelenjar limfa.
  2. Untuk membantu terapi pembedahan atau mengevaluasi keefektifan kemoterapi dan terapi radiasi dalam pengontrolan kanker.
  3. Untuk menginvestigasi pembesaran kelenjar limfa yang sudah terdeteksi dengan CAT scan atau ultrasonografi.

Apa yang harus Anda ketahui sebelum tes Angiografi kelenjar limfa?

  1. Anda akan mempelajari tes Angiografi kelenjar limfa, termasuk siapa yang akan melakukan, dimana dan perkiraan lamanya tes (sekitar 3 jam). Juga dilakukan penyinaran tambahan pada hari berikutnya, tetapi hanya akan berlangsung selama 30 menit.
  2. Injeksi cairan kontras biru pada kedua kaki menyebabkan sedikit rasa tidak nyaman, dan cairan akan mengubah warna urine dan feses selama 48 jam dan kulit dan penglihatan Anda menjadi kebiruan selama 48 jam.
  3. Obat anestesi local akan diinjeksikan sebelum dibuat insisi kecil pada kedua kaki. Kemudian cairan kontras diinjeksikan selama ½ jam dengan menggunakan kanula yang dimasukkan ke pembuluh limfa. Selama penyuntikkan Anda sebisa mungkin tidak bergerak.
  4. Katakan pada dokter atau perawat jika Anda alergi terhadap kerang-kerangan (seperti kerang atau udang), yodium, atau cairan kontras pada pemeriksaan medis lainnya.
  5. Jika tes Angiografi kelenjar limfa dilakuakan pada pasien rawat jalan harus ada teman yang menemaninya.
  6. Tepat sebelum tes Angiografi kelenjar limfa Anda harus buang air kecil. Anda akan mendapat obat tidur dan obat-obatan lain.
  7. Anda perlu menandatangani surat yang menyatakan persetujuan Anda untuk melakukan tes. Pastikan untuk membaca surat ini dengan hati-hati dan tanyakan bila ada bagian yang tidak Anda mengerti.

Apa yang terjadi selama tes Angiografi kelenjar limfa?

  1. Dilakukan penyinaran sinar-X pendahuluan pada dada dan kulit pada setiap kaki dibersihkan dengan antispetik.
  2. Dokter menginjeksikan cairan kontras biru pada daerah di antara kedua jari kaki, biasanya pada antara jari pertama dan kedua serta jari keempat dan kelima.
  3. Cairan kontras akan terinfiltrasi pada system pembuluh limfa dan dalam waktu 15 sampai 30 menit pada pembuluh limfa akan tampak garis kecil berwarna biru pada permukaan atas di punggung kaki.
  4. Dokter akan menyuntikkan anestesi lokal pada setiap kaki dan membuat insisi kecil untuk memaparkan pembuluh limfa. Kemudian dokter memasukkan kanula dan dengan perlahan memasukkan cairan kontras. Mungkin digunakan fluoroskopi memonitor pengisian system pembuluh limfa.
  5. Jarum dilepas insisi dijahit dan dipasang perban.
  6. Dilakukan penyinaran dengan sinar-X pada tungkai , pelvis, perut dan dada.
  7. Anda kemudian diantar ke ruangan Anda, tetapi harus kembali 24 jam kemudian untuk penyinaran tambahan.

Apa yang terjadi setelah tes Angiografi kelenjar limfa

  1. Anda akan berulang kali diperiksa. Katakan pada perawat jika nafas Anda pendek-pendek, nyeri pada dada atau merasa panas.
  2. Anda akan istirahat di tempat tidur selama 24 jam dengan kaki terangkat untuk membantu mengurangi pembengkakan. Perawat akan mengompres tempat insisi dengan es untuk membantu mengurangi pembengkakan dan memberi Anda obat anti nyeri.
  3. Tempat insisi mungkin akan terasa nyeri selama beberapa hari setelah tes. Perban biasanya dipasang selama 2 hari untuk memastikan bahwa luka tersebut kering.
  4. Anda akan mendapat sinar-X lanjutan, jika diperlukan.

Apakah tes Angiografi kelenjar limfa berisiko?

Tes Angiografi kelenjar limfa tidak dilakukan pada penderita yang alergi terhadap cairan kontras, gangguan pernafasan, penyakit jantung, penyakit hati atau ginjal yang berat.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang normal?

Normalnya, sistem pembuluh limfa akan terisi penuh dan rata dengan cairan kontras pada pemeriksaan sinar-X awal. Pada penyinaran setelah 24 jam, kelenjar limfa akan terisi penuh dengan cairan kontras dan batasnya tegas.

Apa yang dimaksud dengan hasil yang abnormal?

Pembesaran kelenjar yang tampak seperti busa menunjukkan limfoma, yaitu sejenis kanker yang berasal dari kelenjar limfa. Untuk menentukan stadium kanker diperlukan tes-tes lain selain tes Angiografi Kelenjar Limfa (Lymphangiography).